Peralatan absorbent booms oil spill adalah sesuatu yang sebenarnya sangat umum bagi industri perminyakan. Baik itu kilang minyak yang ada di perairan atau lepas pantai ataupun industri minyak yang ada di daratan. Selain itu, kapal pun seringkali sudah menyiapkan dan membawa absorbent ini ketika mulai berlayar. Hal ini karena peralatan yang satu ini bisa menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi ketika ternyata minyak yang ada tumpah atau bocor. Minyak ini perlu segera diatasi dan dibatasi penyebarannya ketika sudah tumpah karena bisa menyebabkan kebarakan. Ketika ini sampai terjadi, ledakan besar bisa terjadi dan tentunya tidak ada yang ingin ini terjadi.

Selain masalah kebakaran yang merugikan ini, minyak yang tumpah juga tidak bisa dibiarkan dalam waktu lama. Di area perairan ataupun darat, zat hidrokarbon atau minyak ini bisa sangat berbahaya bagi lingkungan. Walau memang hidrokarbon berasal dari fosil makhluk hidup, ini sudah mengendap dan mengalami proses alam dalam jangka waktu yang sangat panjang. Dari proses ini, hidrokarbon menjadi suatu bahan yang bersifat layaknya racun. Di area perairan sendiri, minyak bisa meracuni biota laut, mulai dari mengurangi tingkat oksigen di air hingga menyebabkan kematian bagi ikan dan makhluk hidup lainnya. Karena itu ketika kebocoran minyak terjadi, ini harus benar-benar segara diatasi dan oil absorbent adalah solusi yang umum digunakan.

Oil absorbent akan berperan untuk membatasi agar minyak tidak semakin meluas. Lalu, absorbent pun sudah memiliki bahan yang digunakan di dalamnya untuk menyerap konsentrasi minyak yang ada. Ketika sudah mulai dipasang, absorbent akan menyerap minyak yang tumpah hingga akhirnya sampai pada konsentrasi yang sepenuhnya aman bagi alam. Dalam hal ini, suatu absorbent memang harus bisa menyerap minyak dengan baik, dan bahan yang digunakan menjadi aspek yang penting. Selain kemampuannya untuk menyerap minyak, bahan ini juga harus mampu diurai dan diproses dengan mudah nantinya agar tidak menjadi residu dan sampah yang berbahaya. Aspek yang satu ini memang tetap perlu diperhatikan karena Absorbent boom tidak bisa digunakan berkali-kali.

Absorbent Booms Oil Spill untuk Mengatasi Kebocoran Minyak di Perairan