Virus Corona sudah meluluh lantakkan kehidupan banyak orang di dunia. Banyak korban berjatuhan setiap harinya mulai dari sakit biasa hingga meninggal dunia. Ratusan ribu orang tercatat meninggal dan jutaan orang terjangkit virus ini. Hal tersebut menyebabkan tenaga medis harus bekerja ekstra keras untuk merawat pasien.

Saat merawat pasien positif virus hal utama yang harus diperhatikan adalah pemakaian Alat Pelindung Diri (APD). Hal tersebut wajib karena menyangkut keselamatan nyawa orang. Tentu bagi tenaga medis mereka wajib menjaga diri mereka agar tidak tertular virus ini karena bagaimanapun tenaga mereka sangat dibutuhkan. Jika mereka terkena maka akan membuat pelayanan kesehatan menjadi tergangu karena kekurangan tenaga medis.

Terdapat berbagai macam ADP yang harus dipakai antara lain:

  1. Masker medis

Maske merupakan salah satu alat pelindung yang wajib dipakai karena digunakan untuk melindungi mulut dan hidung mereka dari virus tersebut. Dengan memakai masker maka diharapkan tenaga medis tidak akan tertular virus ketika sedang kontak langsung dengan pasien. Masker medis juga berguna menahan virus yang ada di udara.

  1. Face Shield

Biasa disebut pelindung wajah, face shield merupakan APD yang juga harus digunakan sebab digunakan untuk menahan percikan dari pasien yang ditakutkan mengenai bagian wajah yang tidak terlindungi oleh masker medis. Biasanya terbuat dari bahan yang tembus pandang dan ringan agar membuat nyaman pemakainya.

  1. Sarung Tangan

Alat pelindung lainnya adalah sarung tangan. Alat pelindung ini sangat penting karena saat merawat pasien pasti tersentuhan langsung dengan pasien. Dengan memakai satung tangan peluang terkena virus pun semakin rendah.

  1. Baju APD atau Baju Hazmat

Baju hazmat merupakan baju yang wajib dipakai tim medis saat merawat pasien. Baju ini digunakan untuk melindungi tubuh mereka dari percikan air saat pasien bersin atau batuk. Dengan memakai baju ini maka percikan air tidak langsung mengenai tubuh mereka. Baju APD nantinya lansung dibuang dan dimusnahkan supaya tidak menularkan virus ke orang lain. Baju ini sangat penting sehingga sempat terjadi kelangkaan. Banyak vendor yang jual baju APD untuk membantu tenaga medis yang ada di garis depan.

Demikian beberapa APD yang kerap dipakai oleh tenaga medis yang berjuang merawat pasien Corona. Semoga pademi ini segera berakhir sehingga semuanya bisa kembali normal seperti sedia kala.