Squad Manchester City di Liga Champion 2019 - 2020
Squad Manchester City di Liga Champion 2019 – 2020

Sebentar lagi Manchester City diagendakan bakal menghadiri persidangan di CAS (Badan Arbitrase Olahraga) yang berlokasi di Lausanne, Swiss mulai dari tanggal 8 hingga 10 Juni 2020. Disana nantinya tim advokat Man City akan berhadapan dengan tim pengacara UEFA.

Tim advokat Man City pastinya akan berjuang mati-matian suaya kliennya tetap bisa berpartisipasi di liga antar klub se Eropa pada musim depan. The Citizen memang dijatuhi sanksi untuk tidak boleh merumput di Liga Champion selama 2 musim pada hari Sabtu, 20 / 2 / 2020 WIB dini hari silam. Hal tersebut bisa terjadi, karena City kedapatan UEFA telah melanggar peraturan FFP (Financial Fair Play).

Pada kasus ini pihak manajemen Man City terdeteksi melakukan sebuah kecurangan dengan menggemukkan dana sponsor, dalam hal ini Etihad yang masuk ke rekening mereka. Sesuai dengan yang ditulisnya, Man City mengaku di transfer 67.5 juta Pounds atau setara dengan 1.19 triliun Rupiah.

Sedangkan apa yang di audit UEFA, nilai sesungguhnya tidaklah sebesar yang dilaporkan oleh Man City. Menurut hasil investigasi Federasi Sepakbola Eropa itu, Man City seharusnya cuma menerima 8 juta Pounds atau setara dengan 141.6 Milyar Rupiah saja dari pihak Etihad. Sedangkan sisa 59.5 juta Pounds / 1.05 triliun Rupiah nyatanya berasal dari kantong owner Man City, Sheikh Mansour sendiri. Hal tersebut merupakan akal-akalan Man City untuk merekayasa peraturan FFP yang diberlakukan oleh UEFA.

Persidangan CAS sendiri nantinya akan berlangsung selama 3 hari non stop, dimana hasilnya baru akan diumumkan sekitar akhir Juli 2020. Apabila pihak Man City tidak berhasil memenangkan persidangan, maka otomatis Sergio Aguero cs bisa jadi bakalan absen di laga lanjutan Liga Champion musim depan (2020 – 2021).

Namun begitu, informasi berbeda lain seputar Man City dan Liga Champion juga muncul ke publik. The Sun menulis pada hari Senin (8 / 6 / 2020) silam di laman resminya, kalau Man City tetap diperbolehkan merumput di Liga Champion musim depan asal mereka bisa menutup musim Liga Premier Inggris 2019 – 2020 dengan bercokol di posisi 4 besar. Apabila berhasil memenuhi persyaratan tersebut dan harus kalah di persidangan CAS, maka tim advokat Man City diperbolehkan untuk meminta penangguhan sanksi kepada SFC (Pengadilan Federal Swiss).

Jadi kesimpulan The Sun, Man City tetap bisa berpartisipasi di Liga Champion 2020 Р2021, dengan keputusan apapun yang dirilis oleh pihak CAS bulan Juli 2020 mendatang. Hukuman dari UEFA baru wajib dilakoni  Man City pada Liga Champion musim 2021 Р2022 dan musim 2022 Р2023.